Vending Machine (Kelebihan dan Kekurangan Vending Machine yang ada di Indonesia

Mesin jual otomatis (Inggris:Vending machine) adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-
barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket
lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis.
Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita
membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.


Sejarah

Mesin penjual otomatis adalah karya Heron yang berasal dari Alexandria. Heron adalah seorang insinyur matematika abad pertama. mesin penjual otomatis modern pertama diperkenalkan di London, Inggris pada awal 1880-an, yaitu mesin penjual kartu pos otomatis. Mesin penjual otomatis pertama di Amerika Serikat dibangun pada tahun 1888 oleh Perusahaan Gum Thomas Adams, dan menjual permen karet di Kota New York.
Pada tahun 80-an terciptanya mesin penjual otomatis yang menjual permen karet. mesin tersebut diberi nama “Glico”. Pada tahun 1897 ketika Perusahaan Manufaktur Pulver menambahkan angka kecil di sekitar mesin, yang akan bergerak setiap kali seseorang membeli permen karet dari mesin mereka. Gagasan ini melahirkan mesin penjual otomatis jenis baru yang dikenal sebagai "perdagangan stimulator" dan kelahiran mesin slot serta mesin pinball pertama berakar pada perangkat ini. Ide menambahkan permainan pada mesin ini adalah untuk menaikkan insentifitas pembeli.
Pada Desember 1970 salah satu industri pembuat mesin penjual otomatis di Dallas, Texas, membuat mesin penjual otomatis yang dapat berbicara yang disebut dengan "venda talker". Ketika pembeli memasukkan koin, mesin kemudian mengatakan “terima kasih” dan dan suara itu disuarakan oleh comic Henny Youngman.



Jenis
  • Mesin penjual permen karet
Setelah mesin tersebut dimasukkan koin sebesar yang ditentukan, maka mesin tersebut otomatis akan mengeluarkan permen karet warna-warni berbentuk bulat. Pada tahun 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan mesin penjual otomatis pertama ke Amerika Serikat. Mesin-mesin dipasang pada platform kereta bawah tanah yang terdapat di New York City dan menjual permen karet rasa Tutti-Frutti.
  • Mesin penjual koran
Mesin ini ditemukan di U.S. Mesin penjual otomatis ini menjual koran untuk mempermudah warga U.S mendapatkan koran ketika mereka sedang berada dijalan.
  • Mesin penjual minuman ringan
Mesin ini adalah mesin yang paling populer diseluruh dunia. Mesin ini merupakan mesin penjual minimuan kaleng seperti minuman bersoda, minuman energi, dan minuman isotonik.
  • Mesin penjual makanan
Dijepang terdapat mesin penjual ramen. Tak hanya ramen, tetapi terdapat juga mesin penjual sayuran di china. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu repot pergi ke pasar, berkotor-kotoran, karena disebagian daerah tertentu telah diletakkan mesin penjual otomatis.
mesin-mesin ini berkembang terus sesuai jamannya, dan tidak hanya empat jenis mesin penjual otomatis, namun masih banyak lagi jenisnya termasuk mesin penjual otomatis yang menjual emas. Namun, diatas adalah mesin otomatis yang populer yang terdapat di banyak negara. Inovasi dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Berbagai inovasi laku keras diadopsi karena terbukti mampu memudahkan kehidupan sehari-hari. Namun nampaknya tidak demikian dengan mesin jual otomatis (vending machine) di Indonesia.
            Kehadirannya yang membawa kemudahan untuk membeli barang ternyata tak sedemikian bersambut. Berbeda dengan Jepang, di sana kehadiran vending machine (VM) berkembang begitu pesat dan membuatnya hadir di setiap sudut dan belokan di jalan. Barang yang dijual pun tak lagi sebatas makanan dan minuman ringan. Di negeri sakura itu, VM menyediakan buah dan sayuran segar hingga pakaian jadi. Salah satu pendiri perusahaan penyewaan dan operator VM di Indonesia, PT Jatari Boreas Sabha (Jaatari Vending) Lalu Athma Sasmita, menyatakan perkembangan VM di Insonesia masih dalam tahap bayi. Jumlah VM yang ada di Indonesia pun tertinggal jauh jika dibandingkan jumlah yang ada di Jepang maupun negara lainnya.


Cara kerja
Mesin penjual otomatis membutuhkan uang koin maupun uang kertas untuk proses kerjanya. Namun, yang paling populer adalah uang koin. pada bagian sudut tertentu, terdapat lubang untuk memasukan uang koin. Uang koin yang telah dimasukkan akan jatuh kedalam pengkait dan mesin didalamnya akan berjalan secara otomatis. Mesin tersebut berjalan sambil menjatuhkan barang yang pembeli pilih, dan terakhir pembeli tinggal mengambil dari balik pintu kecil yang telah disediakan.

B. Sejarah Vending Machine

Sejarah
vending machine pertama diperkirakan telah diciptakan pada abad pertama oleh Hero dari Alexandria, seorang matematikawan dan insinyur

terkenal karena semangat inovatif. Hero's penemuan ditiadakan air suci dengan pembayaran satu koin. Air suci ini pembeli memasukkan koin ke dalam mesin, di mana ia mendarat di atas nampan. Nampan ini adalah terpasang pada tuas, yang membuka katup, melepaskan air. Untuk memastikan bahwa pembeli tidak terlalu banyak air suci, nampan dirancang untuk bergerak dengan berat koin. Itu akan terus menerus hingga ujung koin jatuh, dan penyeimbangakan kemudian tutup katup.   Mesin penjual harus menunggu Era Industri sebelum mereka datang ke menonjol. Modern yang pertama mesin penjual dioperasikan koin diperkenalkan di London, Inggris pada tahun 1880-an awal, pengeluaran kartu pos. Mesin penjual otomatis pertama di Amerika Serikat dibangun pada tahun 1888 oleh Thomas Adams Gum Company, menjual permen karet pada platform kereta. Ide menambahkan permainan sederhana untuk mesin ini sebagai insentif lebih lanjut untuk membeli datang pada tahun 1897 ketika
Perusahaan Manufaktur ditambahkan angka kecil, yang akan bergerak di sekitar tiap kali ada orang membeli beberapa permen dari mesin mereka. Ide sederhana ini melahirkan jenis baru perangkat mekanik yang dikenal sebagai “pendorong perdagangan”. Kelahiran mesin slot dan pinball pada akhirnya berakar pada perangkat ini awal.

Pada Desember 1970 Ussery Industri Dallas, Texas di Dallas konvensi yang ditampilkan yang baru “berbicara”vending machine , pembicara Venda. Dengan memasukkan koin, mesin mengatakan “terima kasih” dan menambahkan satu-liner disuarakan oleh Henny Youngman komik. Venda pembicara adalah fitur pada Johnny Carson Tonight Show pada bulan Maret 1971. 
Jepang memiliki jumlah tertinggi vending mesin per kapita, dengan sekitar satu mesin untuk setiap 23 orang. kepadatan penduduk yang tinggi. Jepang, biaya tenaga kerja relatif tinggi, ruang terbatas, preferensi untuk berbelanja dengan berjalan kaki atau dengan sepeda, dan tingkat rendah vandalisme dan kejahatan kecil, menyediakan lingkungan yang subur bagi mesin penjual. Sementara sebagian besar mesin di Jepang dipenuhi dengan minuman, makanan ringan, dan rokok, terkadang menemukan mesin penjual menjual barang-barang seperti botol minuman keras, kaleng bir, makanan goreng, pakaian, ipod, lobster hidup, daging segar, telur dan tanaman pot. Praktek “Vendo”, atau berlama-lama di sekitar mesin penjual otomatis untuk diminum dalam kelompok, tidak pernah terdengar selama bulan-bulan hangat.  Mesin penjual otomatis pertama di Jepang terbuat dari kayu dan dijual perangko dan kartu pos. Sekitar 80 tahun yang lalu, ada mesin penjual yang menjual permen disebut “Glico”. Pada tahun 1967, koin 100-yen distribusikan untuk pertama kalinya, dan penjualan mesin penjual otomatis meroket semalam, Menjual berbagai macam barang di mana-mana. Di Jepang, vending

machine yang dikenal sebagai ( Jido - hanbaiki ) dari Jido , atau “otomatis”; hanbai, atau “penjual”, dan ki, atau “mesin”, ( jihanki ) untuk pendek.2  Pada tahun 1999, diperkirakan 5,6 juta koin dan kartu-dioperasikan mesin penjual Jepang menghasilkan $ 53280000000 dalam penjualan. mesin penjual barang dan jasa dapat biaya sesedikit 50 dan sebanyak 3.000 ¥.  Ponsel sekarang dapat digunakan untuk membayar barang yang dibeli dari mesin penjual otomatis lebih mudah. Pada tahun 2008, kartu cerdas yang disebut taspo diterapkan di sebagian besar mesin penjual tembakau di seluruh negeri untuk membatasi penjualan rokok dari mereka. Dari mesin seperti pembelian rokok hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kartu, yang dikeluarkan untuk pelamar dewasa (yang dalam kasus Jepang, adalah 20 tahun). Kartu ini dimiliki hingga sensor setelah uang dimasukkan ke dalam mesin.  Jenis umum snack bar di Belanda disebut automatiek dan mirip dengan sebuah otomatis. Ini memiliki dinding dilapisi dengan mesin koin dioperasikan. Masing-masing memiliki deretan vertikal jendela kecil, dengan makanan ringan (biasanya panas) di belakang masing-masing, misalnyasebuah kroket, dan sebuah hamburger.  Setelah memasukkan koin ke dalam slot, seorang individu membuka salah satu jendela dan menghilangkan snack. Mesin-mesin dipanaskan sehingga jajanan tetap panas. Belakang mesin dapur di mana makanan ringan

disusun, dengan jendela kecil yang kembali dipasok dari belakang. Selain itu, snack counter untuk makanan kurang cocok untuk mesin penjual biasanya tersedia di daerah yang sama (contoh: kentang goreng). Otomatis atau tidak menyediakan kursi untuk pelanggan. Kadang kadang mesin penjual berada dalam dinding luar, dan tidak ada tempat berteduh disediakan. Mesin penjual ini sering berada di stasiun kereta api atau di jalan-jalan sibuk. Salah satu rantai besar dari automatieks adalah FEBO. Pada tahun 2010, mesin penjual otomatis pertama yang dikenal senyum ditemukan. Unilever tes konsep baru untuk menawarkan es krim.3 Selanjutnya vending machine terus mengalami perkembangan dari sisi teknologi dari tahun ke tahun. Seperti tersajikan dalam tabel di bawah ini: Tahun Kejadian 215 Sebelum Masehi Alat untuk mengeluarkan air suci digunakan di temapat ibadah Mesir 1076 Negara Cina memproduksi alat penjual pensil denag sistem koin 1700 Alat penjual tembakau dengan sistem koin di temukan di Inggris 1822 Mesin ekspreso pertama kali dikenalkan di perancis 1888 Perusahaan Thomas @Adams memasang mesin penjual pemen karet di New York 1901 Was Satori Kato menciptakan “Just-add-hot-water—instant coffe di Chicago 1926 Vending machine rokok pertama kali dipasarkan 1930 Mesin minuman ringan dalam kemasan dengan pendingin es dipasarkan 1950 Penjual sandwich pertama dipasarkan 1958 Vending machine milik shake dipasarkan 1960 Vending machine kopi dengan cangkir tunggal dipasarkan 1963 Vending machine dengan sistem pemanas oven dipasarkan 1972 Vending machine makanan ringan dipasarkan 1978 Vending machine air dipasarkan 1983 Vending machine kentang goreng dipasarkan 1985 Vending machine dengan sistem credit/debit card diperkenalkan 1988 Vending machine dengan penggiling kopi diperkenalkan 1991 Vending machine kopi dengan berbagai rasa diperkenalkan di pasaran 1993 Vending machine dengan sistem komunikasi nirkabel diperkenalkan Sejarah Vending Machine

C. Tujuan Vending Machine

Tujuan dari vending machine adalah untuk memudahkan konsumen membeli minuman atau makanan ringan. Dengan begitu proses jual-beli dapat lebih mudah, efisiensi, praktis dan tidak menghabiskan waktu yang banyak merupakan pertimbangan utama manusia dalam melakukan aktivitas. Disamping itu wawasan dan ilmu pengetahuan kita terhadap perkembangan teknologi pun semakin bertambah, yaitu:
1. Memodernisasi penjualan konvesional.
2. Memudahkan pembeli untuk medapatkan makanan dan minuman kapan dan dimana saja. Tanpa takut toko akan tutup.
3. Menghemat ruang.
4. Mengurangi biaya jika menggunakan toko konvesional.6 

D. Manfaat Vending Machine

Mesin penjual otomatis ( vending machine ) yang membuat kita nyaman bisa beli apapun tanpa harus repot, yaitu dengan:
1. Memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.
2. Menghemat waktu.
3. Lebih efisien dan efektif, karena biaya yang dikeluarkan lebih ringan.

E. Vending Machine di Indonesia

Sekarang ini kita juga dapat menemukan vending machine di Indonesia, namun hanya dibeberapa tempat saja kita dapat menjumpainya, tidak seperti di Jepang atau negara maju lainnya kita dapat menemukan vending machine dengan mudahnnya. V e n d i n g m a c h i n e ada di Indonesia umumnya hanya menjual minuman saja dan minuman yang dijual biasanya minuman sejenis softdrink dan dalam bentuk kaleng atau botol.  V e n d i n g m a c h i n e  kebanyakan didatangkan atau diimport dari luar negeri, seperti Jepang, Korea, China, Amerika, dan lainnya. Sebenarnya di Indonesia ada perusahaan yang memproduksinya, yaitu PT. METEC SEMARANG yang berlokasi di kawasan berikat Tanjung Emas Export Procesing Zone, Semarang  Jawa Tengah. Namun produk yang dihasilkan diexport lagi dan dipasarkan di Jepang, karena perusahaan ini merupakan anak cabang dari perusahaan KUBOTA, japan yang memproduksi vending machine .8 Dan ada pula perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa khususnya pengadaan v e n d i n g m a c h i n e , yaitu perusahaan PT. PUTRI AQUARIUS yang didirikan pada tahun 29 maret 2011, dan berlokasi di pergudangan Sun Star Motor Blok A no.02 Komplek Surya Inti Permata, Raya Juanda Sidoarjo Jawa Timur.Visi dan misi perusahaan  PT. PUTRI AQUARIUS adalah :”menjadi perusahaan yang unggul dan maju dalam bidang perdagangan dan jasa khususnya dalam bidang v e n d i n g m a c h i n e yang dibutuhkan dalam dunia pelayanan jasa di Indonesia serta mampu menghadapi persaingan global. Misi:
1. Mengutamakan mutu dan pelayanan demi kepuasan pelanggan.
2. Menjadi perusahaan yang andal dan terpecaya.
3. Menciptakan peluang dan pertumbuhan untuk menjadi perusahaaan yang terbaik.
4. Mengembangkan karyawan yang berkompeten.
5. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan sejahtera.9

F. Cara Penggunaan Vending Machine 

Cara penggunaan vending machine sangatlah mudah yaitu kita tinggal memasukan uang koin atau kertas (ada juga yang menggunakan kupon), lalu kita tekan tombol sesuai dengan barang yang kita inginkan, maka barang yang kita pilih akan dengan sendiri keluar, karena vending machine ini masih jarang dipakai di Indonesia, maka ada beberapa vending machine yang oleh pengelola v e n d i n g m a c h i n e ditempatkan orang untuk menjaga v e n d i n g m a c h i n e dan untuk melayani serta menjelaskan cara pembelian dengan vending machine . Tidak perlu takut dan khawatir untuk membeli melalui vending machine , karena  biasanya di lengkapi dengan petunjuk cara pembelian.

G. Macam-Macam Vending Machine yang ada di Indonesia
Ada berbagai macam bentuk dan keragaman vending machine , baik dalam segi bentuknya ataupun barang-barang yang dijual didalamnya. Adapun vending machine yang ada di Indonesia diantaranya adalah sebagaimana yang ada pada gambar-gambar di bawah ini :


Gambar 1
Vending machine menyediakan minuman dingin












Gambar 2
Vending machine menyediakan koran











Gambar 3
Vending machine menyediakan kopi cup














Komentar

  1. vending machine sampai ada mainannya mungkin supaya lebih mudah diterima oleh masyarakat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer